Thursday, April 19, 2018

Hati-hati Produk Pangan Ilegal, Ini 5 tips jadi konsunmen cerdas

Hati-hati Produk Pangan Ilegal, Ini 5 tips jadi konsunmen cerdas

Hati-hati Produk Pangan Ilegal, Ini 5 tips jadi konsunmen cerdas


Spa Indonesia SEBAGAI konsumen, masyarakat harus dituntut cerdas dalam membeli makanan dan minuman tertentu. Kalau Anda tidak memperhatikan keamanannya bisa merugikan kesehatan.

Saat ini banyak produk makanan dan minuman yang dijual dengan harga miring. Apalagi khusus produk kemasan, banyak merek ilegal tanpa ada izin dari BPOM atau PIRT dari Dinas Kesehatan.




Masyarakat dianggap kurang peduli tentang pentingnya memilih produk pangan yang aman dikonsumsi. Apalagi kalau melihat harga murah, dengan adanya diskon atau bonus yang bakal diperoleh.

Karena itu, supaya Anda tidak terkecoh saat berbelanja produk makanan dan minuman di pasaran, ada lima tipsnya yang bisa diterapkan. Simak ulasannya berikut ini, dirangkum Okezone, Jumat (20/4/2018).

Cermati labelnya

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman mengatakan, hal pertama yang harus dicernati konsumen saat berbelanja produk makanan dan minuman kemasan yakni harus bisa baca label.

"Di produk kemasan akan ditulis izin edar dari BPOM, tanggal kedaluarsa dan tanggal produksi, komposisi, dan lain sebagainya," ujar Adhi, di sela-sela Press Conference Peringatan Hari Konsumen Nasional di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Kamis (19/4/2018).

Kalau salah satu tidak tertera, sebaiknya jangan beli produknya. Apalagi kalau merek pangannya tidak dikenal sebelumnya.

Cek komposisi

Di label pasti tertera komposisi dari makanan dan minuman kemasan yang dijual di pasaran. Cek komposisinya agar Anda merasa aman. Apalagi dalam produk pangan kemasan ini terdapat beberapa komposisi yang mengandung alergen. Seseorang yang alergi terhadap bahan tertentu sebaiknya jangan membeli. Tapi sayang, konsumen sangat jarang memperhatikan hal ini dan asal membeli saja.




Mereknya harus legal

Banyak merek ilegal, terutama produk impor masuk ke Indonesia. Anda harus menghindari supaya tetap aman dikonsumsi. Jangan beli produk makanan dan minuman yang tidak punya izin edar dari BPOM. Sebab, keamanan pangannya tidak terjamin dan sulit dideteksi bila ada pengaduan kerugian dari masyarakat.

Hindari makanan dengan pengawet berbahaya

Banyak pengusaha kecil yang memproduksi makanan dengan menggunakan pengawet berbahaya. Dampaknya tentu merugikan kesehatan. Banyak sekali makanan yang dicampur dengan formalin, pewarna berbahaya yang biasa digunakan untuk tekstil, boraks, dan sebagainya. Harga makanan dengan campuran pengawet itu memang murah, tapi dampak bagi kesehatan sangat berbahaya.

Jangan terkecoh harga

Setiap berbelanja produk makanan dan minuman jangan terkecoh dengan harga. Produk pangan yang dijual murah belum tentu aman dikonsumsi. Maka Adhi mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terkecoh dengan produk pangan yang dijual.

"Pasti makanan yang dijual harga wajar, bahannya dan rupa sudah tentu aman. Sementara kalau harganya murah, seperti di kaki lima tidak terjamin," pungkas Adhi.







No comments:

Post a Comment

Cara Pasang Apk | Cara Betting | Cara Bermain | Panduan Bermain Casino

Popular Posts